Inner Joy

 

inner joyAll the days of the afflicted are evil, but the cheerful of heart has a continual feast. Proverbs 15:15 

Amsal 15 ayat 13-15 fokus pada hati. Hati yang gembira mengambarkan sebuah pandangan yang positif dalam hidup. Hati yang gembira memampukan orang untuk bersikap optimis, ceria, bersemangat dalam hidupnya. Sikap seperti ini hanya datang dari orang-orang yang memiliki inner joy, sukacita yang berasal dari dalam, dari hati. Bukan sukacita eksternal yang didapatkan dari nonton film komedi, hangout bersama teman atau tiba-tiba mendapatkan hadiah 1 miliar rupiah. Sukacita eksternal tidak lama bertahan,  sebaliknya sukacita yang sumbernya dari dalam, bertahan lebih kuat dalam sanubari.

Namun, bahkan inner joy pun bahkan dapat menjadi hilang/kering. Keadaan, sutuasi dan kondisi buruk yang terus menerus dapat merubah si optimis menjadi pesimis. Orang yang paling positif dan ceria sekalipun dapat menjadi sedih dan murung jika dihadapkan pada suatu situasi dan kondisi yang berat.

Kunci untuk mendapatkan kembali hati yang gembira, inner joy terdapat pada ayat sebelumnya, ayat 14: Hati orang berpengertian mencari pengetahuan,  Dan pengetahuan/hikmat yang sejati adalah mengenal Tuhan. Hari ini jika anda kehilangan sukacita, optimisme dalam hidup. Berhenti mencarinya dari luar. itu hanya seperti obat pain killer, tidak bertahan lama. Cari Tuhan, kenal pribadiNya, renungkan perkataanNya. Dapatkan kekuatan langsung dari FirmanNya. Maka inner joy akan kembali hadir dalam hidupnya dan mengubah segalanya menjadi baik.

 

Hak cipta 2014 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Samuel  20:1-21:15
Yohanes 9:1-41
Mazmur 113:1-114:8
Amsal  15:15-17

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s