Contagious Holliness

 
image

Moved with pity, he stretched out his hand and touched him and said to him, “I will; be clean. ” Mark 1:41

Penyakit Lepra di sebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae atau Mycobaterium lepromatosis. Adalah penyakit menular kronis, bahkan sejak jaman purbakala hingga abad ke 19 penderitanya harus diasingkan agar tidak menulari orang di sekitarnya. Pada Perjanjian Lama di tuliskan jika orang yang bersentuhan dengan penderita lepra menjadi najis. Orang menjadi najis jika bersentuhan dengan yang najis.

Hari ini Tuhan mengajarkan sesuatu pada saya. Bahwa kekudusanNya dan eksistensiNya tidak akan berubah oleh apapun juga, sebaliknya hal itu justru akan merubah segala sesuatu yang bersinggungan denganNya. Yesus tidak menjadi najis ketika menyentuh orang sakit kusta. Tetapi sebaliknya orang itu menjadi sembuh dan Tahir berkat sentuhan Kristus. Yesus memberikan contoh bagi kita semua, bagaimana kita harus bertindak dan berperilaku.

Dalam hal makanan dan minuman. Tidak ada lagi haram-halal, Tahir atau najis. Karena setiap yang kita sentuh menjadi kudus. Namun hal ini bukan berarti kita dapat makan-minum seenaknya. Karena sekarang apa yang kita pikirkan menjadi apa yang baik, berkenan & berguna. Makan seafoodpun (yang jelas-jelas halal) dapat merugikan kita jika kita terdiagnosa kolesterol tinggi. Minum alkohol berguna untuk menghangatkan badan saat musim dingin. Namun pada musim lainnya atau bagi kita di Indonesia yang sudah gerah, apa manfaat?

Pada sisi yang lebih penting, adalah bagaimana kehadiran kita bisa menjangkiti sekitar kita untuk menjadi lebih baik. Jika kita berada di kantor, bukannya kita tertular oleh budaya malas & korup, tetapi bagaimana kehadiran kita dapat menularkan integritas dan etos kerja yang baik. Demikian juga saat kita berada di jalan, kedisiplinan kita dapat menular ke pengendara yang lain. Di lingkungan tempat tinggal kita dan semua yang bersentuhan dengan kita menjadi tahir dan baik.

Ini adalah tingkat kekudusan yang baru, yang tidak dapat tercemari oleh sekitarnya, melainkan menguduskan, merestorasi apa yang bersentuhan dengannya.

Hak cipta 2014 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Imamat 1:1-3:17
Markus 1:29-2:12
Mazmur 35:17-28
Amsal 9:13-18

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s