Legenda Nian

 
image

“Then they shall take some of the blood and put it on the two doorposts and the lintel of the houses in which they eat it. Exodus 12:7

Warna merah dianggap membawa hoki oleh bangsa Tionghoa. Tidak heran setiap kali dekat Imlek kita melihat banyak sekali ornamen berwarna merah di mall, kelenteng, dan tempat-tempat lainnya. Namun ternyata ada penyebab lain mengapa warna merah begitu digandrungi menjelang imlek. Itu tidak lain adalah kisah mengenai monster Nian. Jika anda google ada banyak versi cerita dari Nian, namun garis besarnya sama.

Pada jaman dahulu kala, hiduplah seekor monster, binatang buas berbadan Banteng berkepala Singa bernama Nian. Nian memiliki kebiasaan untuk memangsa penduduk menjelang malam tahun baru Imlek. Sampai suatu ketika ada seorang menduduk memasang kain berwarna merah di depan rumahnya, dan Nian pun tidak berani datang. Hal ini di ikuti oleh banyak tetangga lainnya dan berlangsung turun temurun hingga menjadi perayaan Xin Nian (tahun Baru).

Hal ini memiliki banyak kesamaan dengan kisah pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Ketika Tuhan hendak melakukan tulah ke sepuluh, bangsa Israel harus menyembelih anak domba dan membasahi daun pintu mereka dengan darahnya. Sehingga saat malaikat maut datang anak sulung mereka tetap hidup dan tulah tersebut hanya terjadi pada bangsa Mesir.

Saat ini darah anak domba itu telah digantikan dengan darah Kristus yang tercurah di atas kayu salib. Legenda Nian merupakan metafora dari kebutuhan bangsa Tionghoa atas darah Kristus. Imlek ini adalah saat yang tepat bangi orang percaya untuk membangun silahturahmi dengan rekan, sahabat keluarga mereka suku Tionghoa yang belum percaya, sampaikan kasih dan keselamatan dari Tuhan bagi mereka. Selamat Tahun baru Imlek 2565.

Hak cipta 2014 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Keluaran 10:1-12:13
Matius 20:1-28
Mazmur 25:1-15
Amsal 6:6-11

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Legenda Nian

  1. kista says:

    bagus gambarnya mas 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s