Crushing Burden

yoke2 Come to me, all who labor and are heavy laden, and I will give you rest.  Take my yoke upon you, and learn from me, for I am gentle and lowly in heart, and you will find rest for your souls. Matthew 11:28-29 ESV

Kuk (pikulan) digambarkan sebagai hubungan kita sesama manusia. Namun tidak jarang Kuk juga digunakan sebagai metafora dari regulasi agamawi. Agama dapat menjadi begitu memberatkan, menyita waktu, tenaga, perhatian dan juga bisa saja uang jika sudah bercampur tradisi. Para pemimpin umat dengan berbagai maksud (mungkin baik, mungkin juga tidak) dan motif berupaya menambahkan kewajiban agamawi bagi para pengikutnya. lama kelamaan ini menjadi tradisi, bergulir bertambah besar seperti bola salju, karena setiap pemimpin umat yang baru mungkin menambahkan tradisi yang baru. Sehingga memberatkan umat. Belum lagi pelayanan kita, di dalam atau di luar gereja.

Yesus sendiri, walaupun Dia berpuasa 40 hari, berdoa subuh-subuh, namun tidak pernah mewajibkan itu. PerintahNya hanyalah untuk mengasihi Tuhan dengan segenap hati & kekuatan kita, dan mengasihi sesama manusia. Sisanya dapat kita lakukan sesuai kebutuhan kita.

Jadi jika hari ini menjalankan rutinitas agama saudara begitu memberatkan, menyita waktu, mungkin kita perlu merenungkannya. Ibadah kita harusnya menyenangkan, mencerahkan, menyegarkan. Dan Tuhan juga memberikan kita bumi dan waktu untuk bekerja mengusahakannya, menikmatinya, bukan hanya untuk melayaniNya, Tuhan punya stok malaikat yang cukup untuk melayaniNya kok.

 

Hak cipta 2014 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Kejadian 32:13-34:31
Matius 11:7-30
Mazmur 14:1-7
Amsal 3:19-20

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s