Yang Terlupakan

orphan_childrento do justice to the fatherless and the oppressed, so that man who is of the earth may strike terror no more. Psalms 10:18

Kalau kita perhatikan seksama Dalam Perjanjian Lama anak yatim-piatu atau janda mendapat perhatian khusus. Banyak sekali pasal yang menuliskan tentang kewajiban bangsa Israel terhadap mereka. Demikian juga terdapat hukuman apabila mereka lalai memperhatikannya.

Umat Muslim punya hukum untuk memberikan 2.5% pendapatan tahunan mereka untuk fakir miskin yatim-piatu. Saya tidak tahu aturan gereja Katolik mengenai hal ini, tapi mereka cukup punya banyak panti asuhan di mana-mana. Gereja karismatik sepertinya belum terlalu serius meresponi hal ini. Sementara kita sibuk membangun gereja megah, musik bombastis, kita mengesampingkan mereka. Paling maksimal kita menyumbang dan mendatangi mereka setahun sekali, pas natal. Padahal mereka makan tidak cuma saat natal bukan? Dan butuh di perhatikan, dikunjungi secara teratur. Bulan lalu sebuah gereja mengiklankan jadwal perayaan natal mereka di sebuah harian terkemuka tanah air selama berhari-hari. Saya tahu betul untuk iklan 1/4 halaman berwarna di harian tersebut harganya lebih dari 100juta per hari. Alangkah berharganya uang itu jika diberikan ke anak yatim-piatu.

Sebagai orang Kristen hari ini Tuhan menegur saya dan anda. Kapan terakhir kali anda mensisih uang anda untuk mereka? Mendoakan dan mengunjungi mereka? Jika anda pemangku keputusan di gereja, sudahkah gereja mensisihkan jumlah yang layak bagi mereka? Dan tidak melulu demi kenyamanan dalam gereja. Hari ini kita patut bertobat dan mulai peduli dan mengasihi anak yatim-piatu seperti bagian keluarga kita sebagaimana Tuhan perintahkan.

Hak cipta 2014 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Kejadian 26:17-27:46
Matius 9:1-17
Mazmur 10:16-18
Amsal 3:9-10

 

ps. mungkin sebagian kita bingung mau kemana menyalurkan bantuan, dan ogah repot. anda bisa mendonasikan uang anda salah satunya ke http://www.wvi.org/indonesia / http://www.wvindonesia.org/ akan ada pemotongan via credit card. World Vision adalah yayasan yang bergerak dibidang pendidikan anak kurang mampu. atau bisa melalui Unicef dan lainnya.

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s