Generation Gap

image

After that generation died, another generation grew up who did not acknowledge the Lord or remember the mighty things he had done for Israel.. Judges 2:10

Kitab Hakim-hakim ditulis mulai dari akhir hidup Yosua hingga awal raja Saul. Di kitab ini kita akan menyaksikan bagaimana bangsa Israel gagal untuk menguasai tanah Kanaan sepenuhnya. Yang berefek pada menetapnya penduduk asli tanah tersebut, mengakibatkan terjadinya kompromi dan kawin campur diantara mereka, inilah yang menyebabkan pasang surut hubungan bangsa Israel dengan Tuhan.

Jika kita perhatikan sumber masalahnya hanya 1, yaitu Yosua tidak mewariskan tongkat kepemimpinannya ke generasi berikutnya.  Yosua menerima estafet kepemimpinan dan pengenalan akan Tuhan dari Musa, yang membuat bangsa tersebut dapat terus beribadah kepada Tuhan. Namun entah karena suatu hal, tongkat itu berhenti pada Yosua. Dan bangsa Israel mengalami kemunduran.  Hal ini pulih sebentar saja ketika Tuhan mengangkat para hakim, dan bangsa itu tidak pernah sama seperti sebelumnya.

Hal ini jangan sampai pada generasi kita dan di bawah kita. Saat ini kita telah menerima tongkat estafet iman dari orang-orang sebelum kita, dan adalah tugas kita untuk mempersiapkan dan kemudian mewariskan iman kita pada generasi yang lebih muda. Jangan sampai sejarah terulang. Jangan sampai setelah kita timbul generasi yang tidak mengenal Tuhan. Adalah tugas kita untuk mendidik, mengayomi, mementor setiap orang yang lebih muda. Anak-anak kita, keponakan kita, anak-anak dan remaja di gereja. Sehingga tidak hanya pada zaman kita mengenal & menyembah Tuhan tetapi juga di generasi berikutnya dan seterusnya.  Jangan lalai, dan jangan biarkan ini terjadi.

 

Hak cipta 2013 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Hakim-Hakim 2:10-3:31
Lukas 22:14-34
Mazmur 92:1-93:5
Amsal 14:1-2

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s