Both Small and Great

image

Then a voice came from the throne, saying: “Praise our God, all you his servants, you who fear Him, both small and great! “ Revelation 19:5

Saya melayani sebagai pembina anak di gereja. Pelayanan ini sudah saya jalani sejak saya di bangku SMA, jadi sudah lebih dari 15 tahun. Menyaksikan bagaimana anak-anak menyembah Tuhan, adalah suatu perasaan yang menakjubkan. Untuk bisa melihat bagaimana mereka bisa menyembah Tuhan dengan tulus, memujiNya dengan segenap kekuatan mereka. Anak-anak begitu lepas, larut dalam atmosfir pujian dan penyembahan. Anak-anak ga pernah peduli apa kata orang lain. Mereka lakukan apa yang mereka suka.

Semakin dewasa, sikap itu semakin hilang. Orang semakin bertambah usia, malunya juga bertambah. Saya belum pernah mendapati pujian penyembahan ibadah dewasa di manapun di seluruh Indonesia yang seperti anak-anak lakukan. Seakan-akan engsel persendian orang dewasa perlu pelumas untuk bisa bergerak bebas memuji Tuhan. Apa-lagi semakin tinggi posisi, jabatan, kekayaan orang tersebut, semakin kaku untuk menyembah Tuhan. Banyak orang berfikir malu ah, ga enak di lihat sama jemaat yang duduk di bangku sebelah, malu di lihat teman, nanti di sangka show off, lebay dot com. After all pujian yang tulus kan berasal dari hati. Ga usah loncat-loncat gitu, kaya ABG aja, malu sama umur, dan banyak pembelaan lainnya.  Saat menyembah Tuhan yang lebih banyak kita pikirkan adalah kita sendiri, eksistensi kita, how we look? padahal seharusnya Tuhan dan hanya Tuhan saja yang harusnya ada di hati dan benak kita, yang lain termasuk diri kita sendiri di cuekin aja.

Bahkan Daud ketika menjadi raja atas Israel pernah menari sedemikian hebohnya saat Tabut Perjanjian hendak di bawa ke Yerusalem, sampai-sampai istrinya Mikhael mengkritiknya (2 Sam 6). Namun Daud menjawab ‘dihadapan Tuhan, aku rela lebih menghinakan/merendahkan diriku lagi’.

Hari ini dan seterusnya mari kita bebaskan diri kita untuk memuji dan menyembah Tuhan seperti anak kecil, sebebas-bebasnya. Karena saya yakin itu yang Dia rindukan.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Zakharia 12:1-13:9
Wahyu 19:1-21
Mazmur 147:1-20
Amsal 31: 1-7

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s