Mereka Bukan Sampah

If anyone does not provide for his relatives, and especially for his immediate family, he has denied the faith and is worse than an unbeliever. 1 Timothy 5:8

Sekitar dua tahun yang lalu saya pernah ikut kunjungan bersama sebuah forum Kristen ke sebuah panti Jompo. Menarik dan bahagia rasanya bisa berbagi kasih bersama mereka. mereka punya banyak kisah menarik untuk di dengar, mulai dari yang fasih bahasa Belanda, ikut perang kemerdekaan dan sejuta kisah lainnya. Pokoknya ga rugi berkunjung ke sana. Mereka ga mengharapkan kita membawa apa-apa, kitsa sudah datang dan meluangkan waktu bersama mereka, itu sudah berarti sekali.

Namun ada satu hal yang cukup membuat saya miris, saat seorang lansia berkata, “kalau banyak orang lain yang ga kenal aja mau datang berkunjung dan peduli, mengapa keluarga mereka sendiri, anak-cucu mereka tidak pernah datang?” Pernyataan ini begitu mengagetkan dan menyadarkan saya, sungguh kasihan hidup lansia ini. Mengapa mereka sampai “dibuang” keluarga mereka sendiri? para lansia itu bukannya sampah, yang dapat kita buang seenaknya. Mereka berjerih lelah merawat anak-cucu, dan habis manis, sepah dibuang, setelah tua dititipkan ke panti jompo. Paulus menyamakan orang seperti itu tidak beriman dan lebih buruk dari orang murtad. sebagai orang Kristen, kita sekali-kali tidak boleh mengabaikan anggota keluarga kita, termasuk para lansia. kita bertanggung jawab untuk mencukupi dan merawat mereka. Tidak ada alasan.

Panti jompo diperlukan jika ada lansia yang tidak punya keluarga, namun bagi yang masih memiliki keluarga, saran saya, rawat keluarga kita sendiri dengan kasih dan kesabaran. karena Tuhan amat membenci orang yang mengabaikan keluarga mereka sendiri.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Yeremia 35:1-36:32
1 Timotius 5:1-25
Mazmur 89:19-37
Amsal 25:25-27

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s