RAP – Relawan Akhir Pekan

” Alangkah baiknya bantuanmu kepada yang tidak kuat, dan pertolonganmu kepada lengan yang tidak berdaya! Ayub 26:2

Apa yang anda lakukan saat akhir pekan? Bangun siang, bermalas-malasan, istirahat, jalan ke mall, pantai, nonton ke bioskop merupakan jawaban yang umum bagi setiap kita. Namun daripada menghabiskan waktu dengan sia-sia seperti itu, dan juga menghabiskan uang, alangkah baiknya akhir pekan kita, sabtu-minggu kita gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat seperti menjadi relawan, mengunjungi panti jompo atau panti asuhan.

Cocok untuk semua
Anda mungkin bilang bahwa akhir pekan adalah saat untuk berkumpul bersama seluruh keluarga, meluangkan waktu untuk mereka. Itu benar. Namun daripada membawa mereka ke mall, membuat sifat mereka menjadi konsumtif, anda dapat mengajak anak, seluruh keluarga, bahkan mertua dan ipar untuk sama-sama ke panti jompo/asuhan. Anda berbuat baik sambil juga menghabiskan waktu bersama keluarga. Anda juga mengembangkan sifat kepedulian, tenggang rasa, dan sikap bersyukur pada anak anda dengan mengunjungi panti jompo/asuhan.

Not Money Oriented
Anda tidak perlu mengeluarkan uang selain ongkos. Ini saya jamin jauh lebih irit dari ke Mall. Penghuni panti memang butuh bantuan, tapi kehadiran anda jauh lebih penting bagi mereka, waktu anda bersama mereka lebih berharga dari sumbangan. Anda tidak perlu bawa apa-apa, atau bawa sesuatu yang anda bisa & rela saja. Dan katakan saja anda menghabiskan uang ke panti sama seperti saat anda ke mall, bedanya anda sudah berbuat baik di sini.

Kita mungkin bakti sosial bersama kampus/kantor/gereja setiap tahunnya ke panti jompo/asuhan. Itu bagus, namun kehadiran kita hanya seperti santa klaus yang cuma datang sekali setahun, membawa sumbangan. Faktanya, mereka butuh kasih & perhatian setiap harinya, karena kita tidak bisa memberikan setiap hari waktu kita, setidaknya kita bisa berikan weekend kita untuk mereka.

Idea To Do
Anda mungkin bingung mau ngapain di sana? Sebenarnya banyak banget. Anda bisa mengajarkan bahasa Inggris, Matematika, komputer pada anak-anak di panti. Membantu mereka memperbaiki sesuatu. Mengajak menyanyi, menghibur mereka. Dan walau anda mungkin tidak bisa itu semua. Setidaknya anda bisa mengajak anak-anak panti untuk bermain bola, atau mendengarkan cerita lansia penghuni panti jompo. Intinya, that’s a lot things to do.

Pastinya, kegiatan ini akan jauh dari membosankan. Melainkan seru, fun, usefull dan menyentuh hati.

How To Start
Kita bisa mulai menelpon panti asuhan/jompo yang kita rencanakan kunjungi, tanyakan apa yang bisa kita bantu/ lakukan. Berbuat baik dengan melibatkan banyak orang tentu akan lebih menyenangkan, ajak serta seluruh keluarga anda, ajak juga komunitas dimana anda terlibat di dalamnya. Dan lakukan ini secara teratur setiap weekend. Anda tentu saja bebas menggunakan waktu berkualitas anda khusus bersama keluarga mungkin 1 kali atau 2 kali paling banyak setiap bulannya.

So daripada setiap weekend atau pulang gereja bingung mau kemana, galau, bengong, daripada nongkrong ga jelas di mall, sendirian di rumah mending jadi RAP – Relawan Akhir Pekan.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
Ayub 23:1-27:23
2 Korintus 1:12-2:11
Mazmur 41:1-13
Amsal 22:5-6

 

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to RAP – Relawan Akhir Pekan

  1. Immanuel says:

    hai…. saya Immanuel, saya pingin punya aktivitas yang berguna buat banyak orang. setelah beberapa bulan lau saya kehilangan nenek saya, saya punya kerinduan untuk melayani orang tua yang ada dipanti jompo. hanya saja saya sedikit sekali memiliki informasi ttg ini. bisa bantu saya? saya stay di jakarta dan tanggerang. rumah saya di jakarta selatan. namun karna urusan kerjaan saya kost di summarecon serpong. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 081317074262.

  2. yennj says:

    Saya juga tertarik menjadi relawan di hari sabtu. Saya kehilangan papa saya yang berumur 90th setahun lalu. Dan saya jadi merasa kangen untuk menemani mereka. Apakah saya bisa di ikut sertakan dalam kegiatan relawan. Saya bekerja di jakarta pusat tapi bertempat tinggal di daerah depok. Telfun: 081908971020

  3. Netty Sibarani says:

    Halo, saya ingin ikut bergabung di akhir pekan,

  4. Andrew says:

    Hi saya Andrew.. Saya tertarik untuk menjadi RAP, untuk melayani orang tua di panti jompo ataupun anak2 jalanan. Tapi saya tidak punya akses dan informasi bagaimana saya bisa melayani disitu. Bisa Bantu saya? Saya stay di Jakarta selatan. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    082113884768

  5. Ermalina Beroz says:

    Salam..Hallo nama saya Ina..saya juga tertarik untuk bisa bergabung menjadi salah satu volunter di RAP, baik itu untk melayani orang tua di panti jompo, panti asuhan atau pun anak2 jalanan. tapi sayang nya sya engak punya informasi bagaimana bisa bergabung untk melayani di situ. alangkah senang nya jika saya bisa berbagi ilmu / melayani orang2 yang membutuhkan.. apa kah itu memungkinkan?
    saya tinggal di jakarta selatan..sebelumnya saya ucapkan trima kasih. bisa menghubungi saya di no ini 0817707259.

    love ina

  6. Dewi says:

    Hi, saya Dewi.. Saya tertarik untuk menjadi RAP. baik untuk melayani di Panti Jompo atau Panti Asuhan. Saya ngga punya informasi bagaimana bisa bergabung. Bisakah dibantu? Saya tinggal di Kota Tangerang.. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.. 085966766787

  7. mesra says:

    saya ingin bergabung menjadi relawan di akhir pekan..jika boleh..saya bisa menghubungi kemana?
    Terimakasih

Leave a Reply

