Silahkan Marah

In your anger do not sin; when you are on your beds, search your hearts and be silent. Selah Psalms 4:4

Marah itu boleh. Tidak ada yang salah dengan amarah. Tuhan Yesus saja pernah marah pada para pedagang di bait suci. Tuhan juga berkali-kali marah terhadap bangsa Israel yang telah meninggalkan hukum-hukumNya. Yang penting adalah bagaimana kita dapat marah dengan baik dan benar.

Pertama-tama kita perlu menyelidiki motivasi hati dibalik setiap kemarahan kita. Adakah keegoisan di sana? Untuk kepentingan diri sendiri? Apakah kesalahan ini krusial sehingga perlu untuk ditegur? Sudahkah kita memposisikan diri kita pada pihak lain? Apakah marah kita akan membangunnya, membuat dia lebih baik, atau malah menjatuhkannya dan membuatnya luka hati? Apakah marah ini benar-benar perlu? Atau cuma ekses dari hari buruk yang kita alami? Sudahkah kita menjelaskan yang sebenarnya sebelumnya? Sudahkah kita memberikan kesempatan yang cukup untuk pihak lain memperbaiki diri? Sadarkah kita, setiap orang itu unik dengan segala kelebihan dan kekurangannya, sehingga kita tidak bisa menetapkan standar kita pada semua orang dengan sama?

Kita juga perlu cerdas dalam mengolah emosi kita. Kita perlu mengarahkan emosi kita untuk hal yang positif dan membangn. Kita perlu selalu memeriksa hati kita, jika itu sudah beres, maka silahkan marah, namun ingat satu hal, jangan sampai kemarahan membawa kita dalam dosa, ke dalam hal yang dapat kita sesali nantinya.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Tawarikh 2:18-4:4
Kisah Para Rasul 24:1-27
Mazmur 4:1-8
Amsal 18:16-18

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s