Power of Example

He did evil in the eyes of the LORD, because he walked in the ways of his father and mother and in the ways of Jeroboam son of Nebat, who caused Israel to sin. He served and worshiped Baal and provoked the LORD, the God of Israel, to anger, just as his father had done. 1 Kings 22:52-53

Memperhatikan sejarah raja-raja Israel, kesalahan raja sebelumnya selalu diturunkan ke anak, cucunya dan ke generasi-generasi berikutnya. Dan mereka semakin jahat dan semakin ahli dalam kejahatan.

Hal inilah yang harus membuat kita waspada. Karena tindakan kita menjadi teladan, bagi anak, keluarga, bawahan, dan bagi orang lain, bahkan tanpa kita sadar. Tindakan kita berbicara lebih keras dari perkataan kita. Saya percaya raja-raja Israel seperti kebanyakan orang tua mengajarkan yang baik pada anak-anaknya, namun perbuatan mereka tertanam lebih kuat dalam diri anak-anak mereka, dan kelak saat anak itu menjadi raja, hampir dipastikan mereka akan melakukan yang sama. Dan hasilnya adalah sangat menghancurkan, karena itu tidak hanya membuat meereka berdosa, tapi juga keluarga mereka, dan sampai ke seluruh bangsa Israel turut berbuat dosa yang akhirnya menyebabkan Tuhan murka dan membuang bangsa itu.

Menyadari ini, hendaklah kita berhati-hati dalam bertindak. Alih-alih mewariskan sesuatu yang jahat, kita bisa memilih mewariskan teladan sifat baik. Walau mungkin saat ini kita belum berkeluarga, belum punya anak, namun kita tetap perlu membiasakan diri melakukan yang benar, karena kebiasan itu dibentuk dalam tindakan sehari-hari. Sehingga kita bisa mewariskan teladan baik tidak hanya bagi anak cucu kita nantinya, tapi juga melalui mereka memberi dampak bagi lingkup yang besar , kota Jakarta dan Indonesia tercinta.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Raja-Raja 22:1-53
Kisah Para Rasul 13:16-41
Mazmur 138:1-8
Amsal 17:17-18

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s