Dare To Stand

So the elders and nobles who lived in Naboth’s city did as Jezebel directed in the letters she had written to them 1 Kings 21:11

Mungkin kita pernah berfikir, mengapa tua-tua Israel tunduk pada perintah Izebel? Padahala mereka tau itu ga benar. Mengenapa mereka ga berdiri melawan? Kita juga berfikir mengapa ada begitu banyak holocaust dan genosida seperti yang misalnya di alami oleh Yahudi pada jaman Nazi, mengapa ga ada yang berani menentang? Mengapa tentara Jerman tunduk begitu saja walau tahu Yahudi tidak berbuat salah sedikitpun?

Jawabannya mungkin mengejutkan anda. Pada penelitian Stanley Milgram, Behavioral Study of Obedience tahun 1961(anda bisa google untuk mendapatkan gambaran penelitiannya). Dimana meneliti prilaku orang untuk menghukum orang lain atas perintah yang berotoritas. Hasilnya mayoritas melakukan perintah tunduk pada otoritas, walaupun itu tidak sesuai dengan hati nuraninya. Jadi sepertinya sebagian besar kita jika dihadapkan pada situasi yang sama, kita melakukan yang sama. Tunduk pada orotitas walau itu tidak benar.

Penelitian ini begitu mengelisahkan saya. Karena saya percaya ada yang baik dari diri manusia. Namun beruntung, penelitian mirip yang dimodifikasi oleh program Curiosity, Discovery Channel ternyata menghasilkan 100% menolak mengikuti otoritas dalam melakukan apa yang salah, ASAL ada yang lebih dulu berani berdiri dan menolak, serta berkata tidak. Di dunia yang sedang mengalami dekadensi, kita perlu orang-orang yang berdiri pertama untuk menyuarakan kebenaran, berkata tidak pada kejahatan, ketidakadilan maka akan seperti efek bola salju, banyak yang akan mendukung turut serta, diperlukan hanya orang pertama yang menyalakan api dan menunjukan jalan.

Dan orang itu saya yakin adalah kita, be brave, ikuti hati nuranimu, dan nyatakan apa yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Jangan tunggu orang lain, kita yang harus berdiri pertama.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Raja-Raja 20:1-21:29
Kisah Para Rasul 12:24-13:15
Mazmur 137:1-9
Amsal 17:16

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s