Dulu Haram, Skarang Halal

image

The voice spoke to him a second time, “Do not call anything impure that God has made clean. ” Acts 10:15

Firman ini menegaskan apa yang Petrus dengan sebelumnya dari Yesus di Mat 15:11 What goes into a man’s mouth does not make him ‘unclean, ‘ but what comes out of his mouth, that is what makes him ‘unclean. ‘”. Petrus, seorang Yahudi, tentu saja telah terdoktrin sedemikian kuat untuk membedakan mana yang halal mana yang haram. Tuhan tentu saja tidak salah waktu menetapkan sesuatu haram, Dia juga tidak berubah jika kini menetapkannya menjadi halal. Karena manusianya berubah. Kita bertambah maju. Tuhan Tahu kita kemudian akan menemukan Pirantel Pamoat, Mebendazole untuk melawan cacing dalam babi, sehingga jika dahulu haram, kini tidak ada alasan kita untuk tetap membuat itu haram. Yang haram bagi kita adalah apapun yang dapat membuat tubuh kita sakit, jadi walaupun semua halal, kita harus tetap bijak dalam memilih makanan dan jangan berlebih.

Kita mungkin juga demi penjangkauan menghormati adat sekitar kita. Jika misalnya kita berada disekitar muslim, kita ada baiknya tidak memakan apa yang mereka anggap haram sehingga kita dapat bersahabat dan menceritakan kasih Tuhan pada mereka. Karena alasan yang sama yaitu ‘penjangkauan’ yang menjadi salah satu sebab Tuhan menghilangkan haram-halal, sehingga para rasul dahulu yang kebanyakan Yahudi dapat bergaul dengan bangsa Yunani, Romawi dll. Karena Tuhan tidak mau ada halangan dalam kita menceritakan hasihNya bagi suku bangsa lain.

Jadi, jangan hanya nikmati kehalalannya, kita juga menyerap semangat dibaliknya yaitu untuk menjadi terang dan membagikan kasih Tuhan bagi sesama di segala adat, suku dan bangsa.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Raja-Raja 14:1-15:24
Kisah Para Rasul 10:1-23
Mazmur 133:1-3
Amsal 17:7-8

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s