When Silver became Less Value

All King Solomon’s goblets were gold, and all the household articles in the Palace of the Forest of Lebanon were pure gold. Nothing was made of silver, because silver was considered of little value in Solomon’s days. 1 Kings 10:21

Sulit dipercaya, bahwa pada jaman raja Salomo, perak menjadi tidak berharga. Seluruh cawan dan peralatan rumah tangga istana terbuat dari emas. Bahkan kediaman Preside Obama atau Donald Trump saja tidak seperti itu. Salomo Menerima 25 ton emas setiap tahunnya (1 Raj 10:14), dan perak di Yerusalem seperti bebatuan biasa (1 Raj 10:28. Hampir dipastikan tidak ada orang sekaya Salomo dari jaman dulu hingga sekarang.

Ada dua hal yang membuat Salomo demikian kaya dan diberkati :

1. Dia meminta hikmat di atas segalanya. Dan Tuhan mengabulkan permintaannya dan memberikan bonus kekayaan dan umur panjang. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mencari hikmat diatas segalanya termasuk uang. Dan Amsal 9:10 berkata Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.. Jadi dengan takut dan mengenal Tuhan adalah sumber hikmat.

2. Salomo memberikan yang terbaik dalam membangun bait suci. Dalam kitab Raja-raja dituliskan dengan detail banyaknya Emas, kayu Aras yang dipakai, luasnya dan megahnya bait suci tersebut. Memang langit dan bumi adalah ciptaan Tuhan, Tuhan tidak tertarik untuk tinggal pada benda ciptaanNya, namun Tuhan melihat keseriusan, pengorbanan dan komitmen Salomo. Hari ini Tuhan tidak tinggal di sebuah bangunan tapi dalam hati kita. Jadi adalah penting bagi kita untuk ‘membangun’ hati kita dengan bersih, integritas, hormat, mengasihi dan takut akan Tuhan. Menjadikan hati kita singgasana yang layak utnuk Allah Roh Kudus bertahta. Maka Tuhan tidak akan ragu melimpakan kekayaan dan umur panjang bagi kita, seperti yang telah Dia berikan pada Salomo.

Hak cipta 2012 oleh S.S.Putra

Bacaan Alkitab 1 tahun:
1 Raja-Raja 8:1-66
Kisah Para Rasul 7:51-8:13
Mazmur 129:1-8
Amsal 17:1

Advertisements

About sarapanhati

saya adalah seorang pria, anak, kakak, suami, abba for new born baby Xavier, part time traveler, part time writer. sangat cinta Tuhan, keluarga, cinta Jakarta dan Indonesia. love to read & laugh. ini adalah perenungan saya sehari-hari, smoga dapat menginspirasi kita semua, untuk Indonesia yang lebih baik.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s